Pages home > Secukinumab Jadi Harapan Baru untuk Pasien Psoriasis

Secukinumab Jadi Harapan Baru untuk Pasien Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang membuat kulit penderitanya ditutupi oleh ruam kemerahan dan bersisik. Sejauh ini, terapi pengobatan psoriasis belum dapat menolong pasien psoriasis untuk mendapatkan kulit yang bersih.

Keadaan kulit yang tampak dipenuhi plak kemerahan dan bersisik tak jarang membikin rasa percaya diri pasien psoriasis menurun. Tidak jarang, penampilan ini ikut serta mempengaruhi mutu hidup pasien psoriasis bagus dalam bersosialisasi ataupun dalam berprofesi. Baca juga info tentang Obat Tradisional Psoriasis disini.

Menjawab tantangan hal yang demikian, Novartis Indonesia secara legal meluncurkan secukinumab sebagai obat baru bagi pasien psoriasis di Indonesia. Obat biologis ini dirancang untuk bekerja dengan lebih spesifik sehingga bisa memberikan hasil pengobatan yang lebih baik bagi beberapa besar pasien psoriasis.

"Pengobatan baru ini diinginkan dapat memberikan kulit yang bersih hingga 90 persen," ungkap Presiden Direktur Novartis Indonesia Milan Paleja dalam diskusi kesehatan bersama Novartis Indonesia di Jakarta.

Secukinumab dirancang untuk menghalangi komponen spesifik dalam sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan inflamasi, yaitu IL-17A. Saat dikonsumsi, Secukinumab akan bekerja secara selektif dalam menghalangi aktivitas IL-17A yang berkaitan denagn reaksi tubuh kepada inflamasi dan tenaga tahan. Dengan kata lain, obat ini bereksi dengan menghalangi siklus tanggapan tenaga bendung tubuh terhadap penyakit psoriasis.

"Ini adalah satu-satunya inhibitor IL-17A yang sudah dibiarkan untuk psoriasis," sambung Milan.

Milan menambahkan, tujuan terapi pengobatan psoriasis saat ini yakni meraih skor Psoriasis Area and Severity Index (PASI) 75. Pengobatan dapat dikatakan bagus kalau pasien psoriasis dapat meraih skor hal yang demikian.

Di sisi lain, Milan juga mengatakan terapi pengobatan baru dengan Secukinumab ini bisa membantu pasien meraih skor PASI yang lebih baik, adalah PASI 90-100. Pada PASI 90-100, kulit pasien psoriasis akan tampak hampir bersih atau malahan bersih dari plak psoriasis.

Pasien yang menjalani terapi pengobatan dengan Secukinumab juga tidak perlu mengkonsumsi obat oral atau memakai obat topikal tambahan. Pasien cukup memakai pelembap pada kulit sebagai tambahan sekiranya memang mengharapkan. Karena itu, tarif per tahun yang sepatutnya dikeluarkan oleh pasien psoriasis yang menjalani terapi dengan Secukinumab juga terhitung lebih rendah.

"Yearly cost-nya sangat sesuai," jelas Milan.

Last updated 42 days ago by Christopher