Pages home > Tertarik Menjajal Merapi Lava Tour? Simak Dulu Kiat Ini

Tertarik Menjajal Merapi Lava Tour? Simak Dulu Kiat Ini

Yogyakarta mempunyai banyak tujuan liburan petualangan. Salah satunya merupakan Merapi Lava Tour yang terletak di Kaliurang, ideal di kaki Gunung Merapi.

Merapi Lava Tour mengajak pelancong naik mobil Jeep menyusuri bekas aliran lahar setelah letusan Gunung Merapi. Sepanjang perjalanan, pelancong akan diajak mampir ke sebagian destinasi setelah letusan seperti Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem. Baca informasi perihal wisata merapi kaliurang.

Tapi sebelum mencoba Merapi Lava Tour, ada beberapa tips yang perlu dilihat. Imaddudin Yazid, salah satu pemandu Jogja Geowisata memaparkan beberapa di antaranya. Yogyakarta Geowisata adalah operator tur yang mengkhususkan diri pada tempat-daerah yang berkaitan dengan fenomena alam di DI Jogja.

Cuaca
Pemandangan Gunung Merapi akan tampak jelas pada musim kemarau, kau malah tidak perlu berair-basahan sepanjang perjalanan.

"Coba lihat cuaca dari malam sebelumnya. Seandainya malam mendung, lebih bagus jangan Merapi Lava Tour satu hari setelah hari ini paginya sebab akan hujan. Melainkan sekiranya malamnya hujan deras, kemungkinan besar paginya akan bagus dan cemerlang," tutur Imad.

Baju
Gunung Merapi penuh lahan gersang dan minim pohon. Oleh sebab itu, pakai baju yang nyaman dan lengan panjang supaya kulit tak terbakar. Sunblock dan kaca mata hitam juga sangat berguna sepanjang Merapi Lava Tour.

"Di Merapi itu panas banget. Gunakan baju dan celana panjang, sepatu tertutup, dan topi akan amat membantu," tutur Imad.

Masker
Jalanan bekas aliran lahar di Gunung Merapi sangat gersang. Dengan kecepatan Jeep yang tinggi, debu dan tanah akan berterbangan sehingga masker sangat diperlukan. Pihak Lava Tour biasanya menyediakan masker untuk setiap orang. Seandainya membawa kain atau buff, gunakan sepanjang perjalanan agar terhindar dari debu.

Lava Tour saat hujan
Jikalau kau berharap sedikit pemacu adrenalin, cobalah Merapi Lava Tour saat hujan. Cipratan air dari atas dan sepanjang jalanan lintasan Jeep akan menambah seru tur Anda.

"Warung-toko juga awam menjual jas hujan murah, sekitar Rp 5.000-10.000 saja," tambah Imad.

Last updated 197 days ago by Kurt