Pages home > Kiat Cek Kualitas Bangunan Ketika Beli Rumah

Kiat Cek Kualitas Bangunan Ketika Beli Rumah

Ini penting, cek mutu bangunan dikala akan membeli rumah, bagus rumah baru apalagi rumah seken. Bukan apa-apa, elemen kenyamanan dan keamanan yaitu hal yang perlu dipandang pada sebuah hunian, termasuk juga dari sisi estetika. Jangan hingga baru beli rumah dan baru ditempati sudah harus renovasi.

Untuk rumah seken, usia bangunannya perlu dilihat. Walaupun untuk rumah baru, kamu perlu teliti memeriksa spesifikasi bangunannya. Bukan apa-apa, ada segelintir oknum kontraktor badung yang suka menurunkan spesifikasi atau mengirit bahan bangunan. Kesudahannya, kwalitas bangunan rendah dan tak layak seperti yang dijanjikan.

Kualitas bangunan memang tergantung pada spesifikasi bahan bangunan dan cara membangunnya. Untuk rumah baru spesifikasi bahan bangunannya biasanya dicantumkan pada brosur rumah. Namun juga jangan gampang percaya pada spesifikasi yang tertera di brosur, sebab brosur sewaktu-waktu dapat saja diubah secara sepihak oleh developer.

Jangan pula mudah tergiur oleh mulut manis staf pemasaran perumahan, apalagi kalau rumahnya bukan ready stock alias inden. Jika rumahnya bukan ready stock atau inden karenanya Anda perlu mengajukan beberapa pertanyaann terhadap pihak pengembang guna mengecek kwalitas bangunannya. Kalau kamu kurang paham istilah teknis atau perihal material bahan bangunan, ajak orang yang mengerti, seumpama tukang bangunan manado.

- Berapa ukuran rumah sebenarnya Jikalau perlu lakukan pengukuran sendiri.
- Apa bahan-bahan yang digunakan untuk pondasi, dinding, lantai, genteng, dan plafon.
- Bahan ragam apa saja yang dipakai untuk kusen dan rangka atapnya.
- Berapa ukuran besi cor yang diterapkan. Rumah yang kuat minimal memakai besi ukuran diameter 8mm.
- Apa ragam kabel listrik yang diterapkan dan berapa energi listrik yang disediakan.
- Berapa tinggi plafon rumah. Plafon yang rendah membikin rumah menjadi gerah.
- Bagaimana metode sirkulasi udara dan sanitasinya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu diajukan, agar semenjak dini kamu bisa mengetahui keadaan rumah yang sebetulnya. Jangan hingga cicilan KPR belum lunas, melainkan rumah telah seharusnya direnovasi.

Last updated 129 days ago by Pedro