Pages home > Tata Cara Menyambut Bayi Lahir dalam Islam yang Harus Anda Ketahui

Tata Cara Menyambut Bayi Lahir dalam Islam yang Harus Anda Ketahui

Kelahiran buah hati yaitu salah satu momen membahagiakan bagi ayah dan ibu. Rasa syukur pastinya tak henti diucakan kepada Ilahi. Kecuali rasa syukur, tentunya terdapat hal-hal yang patut dilakukan ayah dan ibu menurut ajaran agama.

Dalam Islam, terdapat sebagian sunnah rasul yang bisa dijalankan ayah dan bunda ketika bayinya lahir. Berikut ulasannya..

1. Mengazankan
Bayi yang baru lahir perlu diazankan untuk mengusir setan. Azan dikumandangkan di telinga sebelah kanan bagus pada bayi laki-laki maupun perempuan. Azan pun bermanfat untuk menanamkan benih keimanan dalam hati bayi semenjak kecil.

2. Sujud syukur
Sesudah istri melahirkan, hal yang dapat dilaksanakan suami ialah sujud syukur. Ini yakni format pedoman syukur terhadap Allah apabila dikurniakan sesuatu enak atau terlepas daripada bahaya. Sujud syukur bisa dikerjakan dimana saja sesaat mendengar kabar kelahiran.

3. Mentahnik
Pada bayi yang baru lahir umumnya dididik inisiasi menyusui dini (IMD). Dalam Islam, langit-langit mulut bayi baru lahir juga dapat dioleskan dengan kurma yang telah dikunyah. Perbuatan ini dikenal dengan nama mentahnik. Seandainya tidak ada kurma dapat digantikan dengan makanan manis lain seperti madu.

4. Memberi nama
Bayi yang baru lahir direkomendasikan untuk segera diberi nama. Nama yang dikasih hendaknya yang baik sebab adalah doa dari orang tua bagi buah hati. Nama yang direkomendasikan ialah nama-nama malaikat, para nabi, serta tak susah.

5. Mencukur rambut
Tindakan lain yang bisa dikerjakan pada bayi baru lahir yaitu mencukur rambut. Ini merupakan pertanda permulaan kehidupan bayi sebagai manusia serta hamba di sisi Allah. Dari segi kesehatan, mencukur rambut dapat buang kotoran yang ada.

6. Aqiqah
Wujud pedoman syukur lain setelah bayi lahir yakni mengerjakan aqiqah atau menyembelih binatang. Kalau yang dilahirkan adalah bayi laki-laki, maka hewan yang disembelih merupakan 2 ekor kambing. Walaupun jika yang dilahirkan adalah anak perempuan, karenanya hewan yang disembelih adalah 1 ekor kambing. Melainkan sekiranya bapak serta ibu belum cakap mengerjakan aqiqah, karenanya boleh ditunda sampai sebelum si kecil aqil baligh. Simak juga info mengenai aqiqah bandung.

Last updated 106 days ago by Tamika