Pages home > Ini Alasan Smartfren Hentikan Bisnis Telpon Seluler Andromax

Ini Alasan Smartfren Hentikan Bisnis Telpon Seluler Andromax

Jajaran handset Andromax yang sudah mendampingi Smartfren sepanjang kiprahnya sebagai provider seluler CDMA hingga 4G LTE akan distop pada tengah tahun 2019 akan datang.

Penyetopan Andromax tidak tanpa alasan. Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengungkapkan bahwa keputusan untuk tak melanjutkan Andromax diambil karena Smartfren mengamati tugasnya sudah selesai.

Munir bercerita, Andromax dulu tercetus pada 2010, dikala Smartfren menjadi provider CDMA terbesar di Indonesia setelah merger Smart Telecom dengan Mobile-8. Simak pula info mengenai kenapa kartu smartfren gsm tidak ada layanan.

Dikala itu, tidak ada banyak handset di pasaran yang menunjang teknologi jaringan CDMA Smartfren sehingga sang provider merasa butuh langkah tambahan untuk menyokong pertumbuhan customer di jaringannya.

"Untuk sosialisasi CDMA dengan lebih cepat, karenanya Smartfren masuk ke ranah handset, melewati kemitraan strategis dengan para rekanan pemanufaktur perangkat," kata Munir.

Kemunculan Andromax rupanya efektif menaikkan pangsa pasar serta pelanggan Smartfren. Hingga kemudian, pada 2015, Smartfren memutuskan untuk hijrah dari teknologi CDMA yang pengembangannya telah mandek, ke 4G LTE (GSM).

Dikala hendak beralih menuju 4G LTE itu pun, di pasaran belum banyak tersedia handset 4G LTE, terutama yang menyokong frekuensi 4G TDD Smartfren di pita 850 MHz dan 2.300 MHz.

"Jasa" Andromax kembali diperlukan, supaya memudahkan pelanggan CDMA berpindah ke 4G LTE, sekaligus mencegah mereka pindah ke operator lain.

"Handset yang support band 4G yang layak dengan Smartfren saat itu terbatas. Kami memang unik, pakai band 5 (850 MHz) dan 40 (2.300 MHz). Operator lain kebanyakan band 1 (2.100 MHz) dan 3 (1.800 MHz), Berkeinginan tak berkeinginan, Smartfren konsisten mengeluarkan seri Andromax untuk mendukung perkembangan pelanggan 4G LTE," ucap Munir.

Beberapa tahun berjeda, keadaan pasar berubah. Kini telah banyak beredar perangkat handset multi-band LTE dari semua segmen harga yang kompatibel dengan teknologi jaringan 4G Smartfren, termasuk VoLTE.

Last updated 103 days ago by Miles